Inilah Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil 

Inilah Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil 

Metroterkini.com - Apa saja manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil? Mungkin Anda yang sedang menjalani kehamilan memiliki pertanyaan tersebut. Air kelapa mengandung banyak nutrisi tanpa lemak jenuh dosis tinggi, yang tentunya mendukung kesehatan bagi janin dan ibu yang sedang hamil.

Namun ada kepercayaan yang ada di masyarakat, jika minum air kelapa di usia kehamilan muda sangat dilarang. Ini disebabkan bahwa air kelapa bisa mempercepat proses persalinan atau prematur, sehingga tidak sedikit ibu hamil yang menghindari konsumsi air kelapa.

Tetapi ada baiknya ibu hamil menghindari minum air kelapa kemasan, karena telah dicampur dengan pemanis atau bahan lainnya. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil jika rutin mengonsumsi air kelapa muda dan segar? Berikut kita bahas lebih detil untuk pengetahuan kita semua.

Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil
Air kelapa adalah minuman yang menyegarkan dan lezat, dan mengandung beberapa nutrisi penting khusus selama kehamilan. Berikut ulasannya dikutip dari Healthline:

1. Hidrasi
Air kelapa mengandung 95 persen air murni. Sehingga bagus untuk menghidrasi, terutama di cuaca panas.

"Air kelapa bisa menjadi pilihan selama kehamilan, karena menghidrasi dan menyediakan elektrolit," kata ahli diet Alyssa Pike, RD, manajer komunikasi nutrisi untuk Dewan Informasi Makanan Internasional. Jika Anda merasa haus saat hamil muda, minuman trendi ini bukanlah pilihan yang buruk untuk tetap terhidrasi.

2. Menggantikan elektrolit dan menghilangkan mual di pagi hari
Masalah mual di pagi hari banyak dialami oleh ibu hamil muda, bahkan saat kita belum mengisi perut sekali pun. Nah, elektrolit dalam air kelapa dapat membantu sistem pencernaan untuk lebih stabil. Air kelapa mengandung elektrolit berharga seperti kalium, natrium, dan magnesium.

3. Mengisi kembali cairan yang hilang
Demikian pula, jika mual di pagi hari membuat Anda 'membuang makanan' berulang-ulang, penting untuk mengisi kembali simpanan cairan tubuh. Air kelapa adalah salah satu minuman yang akan menggantikan cairan yang hilang tanpa banyak tambahan gula.

4. Mengobati sakit maag
Sakit maag terkait kehamilan! Saat benjolan bayi Anda tumbuh, dan progesteron mengendurkan katup perut, asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Ini menyebabkan ketidaknyamanan dan sendawa asam yang ditakuti.

Dan air kelapa adalah pilihan yang bagus untuk mengobati sakit maag sekaligus menurunkan asam lambung berlebihan. Bahkan jika rutin mengonsumsinya dua gelas sehari, sakit maag saat kehamilan bisa diatasi dengan baik.

5. Mengandung beberapa nutrisi untuk perkembangan janin
Anda mungkin pernah mendengar betapa pentingnya vitamin dan mineral untuk perkembangan janin yang sedang tumbuh. Oleh karena itu, dokter Anda menyarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal. Sampai batas tertentu, air kelapa dapat ditambahkan pola makan Anda. Di dalamnya terkandung zat gizi mikronya termasuk kalsium, kalium dan magnesium.

Selama kehamilan, suplementasi magnesium terkait dengan peningkatan berat badan lahir dan penurunan risiko preeklamsia. Kalsium adalah nutrisi lain yang harus diperhatikan: "Kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang dan gigi," catat Pike. Tapi, dia memperingatkan, air kelapa bukanlah sumber nutrisi mikro untuk kehamilan.

6. Menurunkan tekanan darah
Bagi Anda yang hamil dan memiliki tekanan darah tinggi, air kelapa adalah pilihan yang cerdas karena kandungan potasiumnya. Nutrisi ini dikenal sebagai kontributor untuk mengatur aliran darah dan tekanan darah.

7. Pilihan cerdas pasca-latihan
Satu analisis penelitian menemukan bahwa air kelapa sama menghidrasi seperti air biasa untuk memulihkan cairan setelah berolahraga. Dan menawarkan hidrasi yang lebih lengkap daripada air ketika mengandung sedikit natrium.

Karena air kelapa juga mengandung elektrolit dan beberapa karbohidrat, sehingga dapat membantu keseimbangan hidrasi untuk ibu hamil.

8. Pilihan mocktail yang lebih sehat
Air kelapa adalah bahan dasar alternatif yang menyegarkan dan rendah kalori untuk membuat mocktail yang mewah. Tidak hanya non-alkohol, air kelapa juga relatif rendah karbohidrat.

Efek samping air kelapa dalam kehamilan
Seperti semua makanan dan minuman kemasan, beberapa merek air kelapa kemasan ditambahkan pemanis. Ini dapat menjadi masalah kepada penambahan berat badan, atau jika Anda memiliki diabetes gestasional saat kehamilan. Jadi hindari konsumsi air kelapa kemasan.

Untuk pilihan yang paling sehat, pilihlah air kelapa muda yang langsung dibuka dan segar. [**]

Berita Lainnya

Index